X

X

Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Mencegah Anak Agar Tidak Jadi Perokok

Cara Mencegah Anak Agar Tidak Jadi Perokok

Cara Mencegah Anak Agar Tidak Jadi Perokok - Fenomena anak merokok dimasa sekarang ini kian mencemaskan. Bahkan seperti ramai diberitakan sekarang kasus perokok pada anak sudah merambah usia balita.

Mencegah Anak Agar Tidak Jadi Perokok

Untuk mencegah kemungkinan agar anak tidak menjadi perokok di usia dini, berikut adalah cara dan kiat yang dapat dilakukan.

Tidak memberikan contoh yang buruk
Jangan jadi contoh yang buruk bagi anak. Anak adalah peniru terbaik. anak akan mengikuti tingkah pola orang tuanya, ia akan mengikuti orang tuanya merokok seperti ia mengikuti orang tuanya berbicara. Usahakan untuk tidak merokok di depan anak, atau jika ingin merokok pergilah ke tempat yang tidak terlihat anak.

Menjelaskan bahaya rokok
Katakan pada anak rokok itu berbahaya dan rokok akan menjadikan penyakit. Jelaskan bahaya merokok, sehingga anak mengerti apa itu rokok dan mengetahui bahayanya.

Membuat poster bahaya rokok
Buatlah poster bahaya merokok dan ditempel di rumah, di sekolah atau tempat-tempat yang bisa dilihat anak.

Mengubah persepsi keliru tentang rokok
Ubahlah persepsi keliru tentang rokok. Persepsi keliru bahwa dengan rokok laki-laki terlihat keren, petualang, macho atau lainnya. Sedangkan perempuan dengan rokok akan terlihat langsing, glamour, mandiri dan modern.

Jika anak sudah terlanjur coba-coba merokok dan menjadi perokok aktif, segera hubungi dokter atau psikolog terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar