X

X

Sabtu, 20 Oktober 2012

cara merawat tanaman pucuk merah


Cara Merawat Tanaman Pucuk Merah - Pucuk Merah atau dengan nama latin Syzigium oleina adalah tanaman hias yang memiliki ciri khas, yaitu daun yang berwarna merah dan hijau. Pucuk Merah sendiri saat ini tengah menjadi primadona di Indonesia sebagai tanaman hias diluar ruangan, khususnya ditaman pada taman , dan juga didalam pot yang ditempatkan di teras rumah.

Tekstur dari daun tanaman hias pucuk merah adalah berbentuk halus dan dengan panjang berkisar 5 cm. Sementara bagian permukaan daun akan terlihat mengkilap, saat daun masih bagian dari pucuk muda, maka daun akan berwarna merah.

Cara Merawat Tanaman Pucuk Merah

Karena begitu banyaknya minat masyarakat saat ini untuk menanam pucuk merah sebagai tanaman penghias rumah, maka tentu minat dan keinginan tersebut harus dibarengi dengan pengetahuan bagaiaman cara merawat tanaman pucuk merah secara baik dan benar.

pucuk merah
Pucuk Merah (kaskus.co.id)
Pucuk merah yang pada umumnya dapat tumbuh sebagai pohon yang cukup besar, maka sebaiknya tanaman ini tidak ditempatkan didalam pot. Selain itu hal terpenting yang harus dilakukan dalam merawat tanaman pucuk merah agar tetap terlihat indah adalah proses pemangkasan yang seharusnya dilakukan paling lambat dalam waktu 1 bulan sekali.

Selain itu pemotesan terhadap daun-daun yang sudah tua dapat juga dilakukan dalam waktu 2 minggu sekali. Adapun tujuannya adalah agar untuk memunculkan pucuk-pucuk baru yang berwarna merah, sehingga akan menghasilkan tanaman yang tetap terlihat indah, dimana ada keseimbangan antara warna merah dan warna hijau.

Merawat pucuk merah juga mencakup melindunginya dari berbagai penyakit dan hama. Salah satu hama yang sering mengganggu tanaman ini adalah ulat coklat. Untuk mengatasinya, maka Anda dapat menggunakan suprasit. Selain itu jangan lupa juga untuk memberi pupuk agar tanaman dapat tumbuh secara baik dan sehat. Berilah pupuk N-P-K yang seimbang. Lakukanlah pemupukan tanaman setiap dua bulan sekali.

Penyiraman pucuk merah juga sangat perlu dilakukan setiap hari. Selebihnya pucuk merah yang merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar mata hari, maka tentu harus ditempatkan di lokasi yang banyak terkena sinar matahari. Hal ini dilakukan agar tanaman ini tetap terus bertunas, sehingga akan menghasilkan daun yang berwarna merah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar