X

X

Rabu, 24 Oktober 2012

Manfaat memelihara hewan bagi anak

Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang sangat menyukai hewan, bagi mereka yang suka, hewan peliharaan sangat lucu, menggemaskan, menyenangkan, bisa menjadi teman disaat sedih. Tapi beberapa orangpun banyak yang tidak suka hewan peliharaan, bagi mereka hewan itu jorok, menakutkan, menggelikan, dan menjadi sumber penyakit.
Beberapa orang tua pun mempunyai dua opini bila sang anak ingin memelihara hewan. Ada yang sangat mendukung dan senang bila anaknya ingin memelihara hewan, ada pula yang menolak mentah-menyah bila anaknya memelihara hewan.
Bagi saya sendiri, memelihara hewan banyak sekali manfaatnya. Meskipun memang beberapa hewan memiliki penyakit yang dapat menular, tapi kita dapat mengatasinya dengan menjaga kebersihan hewan tersebut. Bagi saya hewan merupakan teman sekaligus sahabat dikala kita sedang bosan, sedih, atau ingin berbagi kebahagiaan. Walau kadang terlihat seperti orang gila, yang berbicara dengan hewan, meskipun hewan tersebut tidak mengerti apa yang kita bicarakan, tapi hewan tersebut merasa nyaman, dan tatapannya menunjukkan bahwa hewan peliharaan itu menyayangi kita. *yakin deh kawan :)
Seperti yang terlihat pada foto tersebut, adik saya menjadi terlatih kedisiplinannya dengan memelihara hewan. Ia akan merasa mempunyai tanggung jawab dan takut kehilangan bila hewan peliharaannya sakit.
Manfaat memelihara hewan bagi anak :
1. Melatih Empati
Hewan adalah makhluk hidup yang juga punya perasaan. Mereka bisa merasakan sakit dan senang. Dengan bermain bersama sang hewan peliharaan, anak akan bisa belajar mana perbuatan yang menyenangkan orang lain dan mana yang dapat menyakiti hati orang lain. Hal ini tentu saja sangat berguna dalam mempersiapkan anak untuk pergaulan di sekolah maupun di masyarakat.
2. Membantu Interaksi Anak
Apa saja yang faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan? Ternyata sederhana saja : Gizi, Genetik, dan Faktor interaksi. Maka jangan heran bila anda menemui sebuah keluarga di mana kedua orangtuanya mempunyai pekerjaan sukses, dan sangat memperhatikan gizi anak. Namun kecerdasan anaknya tidak berkembang. Salah satunya adalah faktor interaksi ini. Tentu saja kehadiran hewan peliharaan tidak akan mampu menggantikan stimulasi dari orang tua. Namun mempunyai hewan peliharaan dapat membantu anak untuk belajar berinteraksi dari lingungan sekitarnya.
3. Membuat Anak Lebih Aktif
Bermain dengan binatang peliharaan tentu saja lebih membuat anak bergerak dibanding diam di depan tv atau main video game di playstation atau komputer. Bahkah sudah ada penelitian bahwa anak yang mempunyai hewan peliharaan lebih rendah kejadian obesitasnya.
4. Mengajarkan Anak Arti Tanggung Jawab
Binatang peliharaan adalah makhluk hidup yang perlu makan dan perlu perhatian. Dengan memiliki binatang peliharaan anak dapat belajar untuk disiplin dalam memberi makan, memandikan maupun mengajak binatang peliharaannya berjalan-jalan.
5. Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar